Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Keywords:
model pembelajaran, Treffinger, berpikir kreatifAbstract
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Segeri yang berjumlah 132 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu sebanyak 30 siswa tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelasIX di SMP Negeri 1 Segeri. Semua data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan melakukan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat analisis menggunkan uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Segeri.