Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dongeng pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Andi Tonro

Penulis

  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Yusnadi Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Saharullah Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Nurmadinah Syahid Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B, masing-masing 24 siswa, yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi, pretest-posttest, dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi DRTA berada pada kategori baik di pertemuan pertama dan sangat baik di pertemuan kedua. Analisis inferensial menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi P = 0,000 < α = 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi, menandakan peningkatan pemahaman membaca yang lebih baik. Strategi ini efektif untuk membantu siswa memahami isi teks, menganalisis unsur intrinsik dongeng, dan menyimpulkan informasi.

Referensi

Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of Elementary School Students]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567

Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 2(1), 58–81.

Lutfiana, E., Mudzanatun, & Priyanto, W. (2017). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Dalam Menemukan Kalimat Utama Di SDN Mranggen 2. Dinamika Pendidikan, XXII(2), 112–141.

Manalu, D., Selegi, S. F., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Pemahaman Membaca Cerpen pada Kelas IV SD. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 11–24.

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Nurafifah, S., Rojikin, C., & Falah, I. F. (2024). Pengaruh Metode Directed Reading Thinking Activity ( DRTA ) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Pada Materi Teks Pokok Bacaan di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Penda, 9(1), 143–151.

Peraturan Pemerintah republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta

Rahmawati, S., Sarwi, & Sudarmin. (2024). Dampak Literasi pada Kemampuan Berkomunikasi : Tinjauan Literatur Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. 4(2), 120–134. https://doi.org/10.15408/elementar.v4i2

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.801

Sultan, M. A., Zainal, Z., & Momang, A. A. (2024). Pengaruh Metode Gamifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Maccayya Journal : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 139–145.

Ully, S. A., & Dewi, I. P. (2022). Pengaruh Game-Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 10(4), 2716–3989. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.120039

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Windiasari, D. A., Wiarsih, C., & Febrianta, Y. (2021). Kesulitan membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 1 Karangnanas. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 9(1), 239-247.

Yazdani, M. M., & Mohammadi, M. (2015). The explicit instruction of reading strategies: Directed reading thinking activity vs. guided reading strategies. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 4(3), 53–60. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.4n.3p.53

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check