Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Rodali Terhadap Hasil Belajar Perkalian di SD Negeri Kauman
Abstrak
Hasil belajar matematika di SD Kauman Jepara sangat dipengaruhi oleh rendahnya hasil belajar pada pokok bahasan operasi perkalian dan sedikitnya media yang digunakan instruktur untuk menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Rodali dalam pembelajaran berbasis masalah mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metodologi Nonequivalent Control Group Design. Peneliti menggunakan dua kelas dalam penelitian ini; satu dianggap sebagai kelas eksperimen dan yang lainnya tidak. Siswa di kelas empat merupakan populasi penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa di kelas IVA dan IVB yang dibagi menjadi dua kelompok. Tiga pendekatan digunakan untuk memperoleh data: dokumentasi, pengujian, dan observasi. Tujuan soal pilihan ganda adalah untuk membandingkan hasil belajar. Dengan bantuan SPSS 21, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis uji-T dan uji normalitas. Berdasarkan hasil pengujian, H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa nilai sig pretest-posttest kelas eksperimen lebih kecil dari a (0,000 < 0,05).
Referensi
Abdurahman. (2018). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosadakarya.
Anugrahini, M. Y. (2018). Pengembangan Game Bubble Match Sebagai Pembagian Dalam Bentuk Pengurangan Berulang Untuk Siswa Kelas 2 Sd. Profesi Pendidikan Dasar,1(1),70. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3975.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bahri, S. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Emzir. (2016). Metode Penelitian Sosial. PT.Rajagrafinda Persada.
Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588.
Firdaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.127.
Haryono. (2014). Penerapan Metode. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Kencana Prenada Media Group.
Islamiati, A., & Masniladevi, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan Di Kelas V SD Negeri 21 Payakumbuh. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 317-328.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.
Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 42-45.
Mirna, M., Eminatri, E., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2023). Analisis Pengaruh Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1050-1063.
Moh Fauziddin, Novi (2022) “Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Useful of Clap Hand Games For Optimize Cognitive Aspects in Early” 2, no. 2: 162–69, https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.
Purwanti, K. Y. (2021). The Effect of Contextual Teaching And Learning (CTL) Learning Model Assisted by Android-Based Application Media With Thunkable On Learning Interest Of Class V SDN Students Candirejo 02. Jurnal Sekolah Dasar, 6(2), 94-99.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.
Shabrina, I., Rahman, I. K., & Asmahasanah, S. (2017). Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 140-150.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian”. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2017, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Bumi Aksara.