PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA
Keywords:
problem based learning, media kartu gambar, ptkAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas 5 SD Negeri 1 Labakkang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kartu gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penel itian adalah siswa kelas 5 berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument Angket dan Observasi. Analisis Data dengan tes kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dibuktikan pada tes kemampuan pemecahan masalah IPA siswa. Permulaan pada siklus I sebanyak 14 siswa berada pada kategori tuntas dengan presentase Skor 70% dan 8 siswa berada pada kategori belum tuntas dengan presentase skor 30%. Sedangkan pada siklus II sebanyak 20 siswa berada kategori tuntas dengan presentase skor 80% dan 2 siswa berada pada kategori belum tuntas dengan presentase skor 20%. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa
Kata Kunci: Model Problem Basel Learning, Media Kartu Gambar, PTK