Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa

Authors

  • Syawalia STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Herman Alimuddin STKIP Andi Matappa
  • Vivi Rosida STKIP Andi Matappa

Keywords:

Berpikir kritis, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah proses pembelajaran matematika siswa SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika matematis siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pangkep sebelum diterapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memperoleh skor rata-rata sebesar 65,46. Dan kemampuan berpikir kritis matematika matematis siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pangkep sebelum diterapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memperoleh skor rata-rata sebesar 83,50. Serta terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematika matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem basic learning lebih tinggi dibandingkan sebelum penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning. 

Downloads

Published

2025-02-05