Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Gender
Keywords:
kesulitan siswa, soal cerita, SPLTV, genderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan gender pada kelas X MAN Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek yang terpilih dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa, 3 siswa laki – laki dan 3 siswi perempuan. Subjek terpilih tersebut kemudian diwawancarai untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a)subyek laki-laki cenderung lebih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel dari pada subyek perempuan. Dimana kesulitan subyek laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel terletak pada kesulitan konsep, kesulitan prinsip dan kesulitan keterampilan/skill. Sedangkan pada subyek perempuan tidak mengalami kesulitan konsep dan prinsip namun mengalami kesulitan keterampilan/skill. b) Dalam hal menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel, kesulitan menyelesaikan soal disebabkan oleh adanya pengaruh perbedaan gender dalam struktur otak, dimana laki-laki cenderung menyelesaikan soal secara terburu-buru, kurang teliti dan memutuskan jawaban tanpa melakukan pemeriksaan kembali serta mengabaikan beberapa langkah penyelesaian, sedangkan perempuan lebih memerlukan waktu untuk mengambil keputusan/kesimpulan jawaban dengan melakukan pemeriksaan kembali, teliti dalam melakukan perhitungan serta memperhatikan langkah-langkah penyelesaian yang lebih terstruktur.