Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Keywords:
Model Pembelajaran, REACT, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Pangkajene. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu pre-experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pangkajene yang berjumlah 48 siswa dengan mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu sebanyak 25 siswa tahun ajaran 2023/2024. Semua data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan melakukan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasn model pembelajaran REACT (Relating, Eksperiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pangkajene