Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Authors

  • Inci Saputri Kumala Sari STKIP Andi Matappa
  • Herman Alimuddin STKIP Andi Matappa
  • Andi Yunarni Yusri

Keywords:

Model Pembelajaran, REACT, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Pangkajene. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu pre-experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pangkajene yang berjumlah 48 siswa dengan mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu sebanyak 25 siswa tahun ajaran 2023/2024. Semua data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan melakukan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasn model pembelajaran REACT (Relating, Eksperiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pangkajene

Published

2025-02-05