ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN
Keywords:
Analisis kesalahan, Teori Newman, StatistikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan statistika ditinjau dari Teori Newman meliputi kesalahan membaca soal (comprehension error), kesalahan transformasi soal (transform error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding error). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 5 Labakkang sebanyak 6 orang siswa tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes soal cerita pokok bahasan statistika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kesalahan membaca soal (reading error) sebesar 8,46% berada dalam kategori cukup sangat kecil, kesalahan memahami soal (comprehension error) sebesar 38,09% berada dalam kategori cukup tinggi, kesalahan transformasi soal (transform error) sebesar 50% berada dalam kategori tinggi, kesalahan keterampilan proses (process skill error) sebesar 60,84% berada dalam kategori sangat tinggi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding error) sebesar 71,42% berada dalam kategori sangat tinggi.