Evaluasi Hasil Belajar Tematik Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ija Srirahmawati STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3523

Keywords:

Evaluasi, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi hasil belajar tematik dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendalami proses evaluasi hasil belajar tematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan evaluasi hasil belajar bervariasi untuk setiap peserta didik. Hal ini disebabkan karna perbedaan tingkat kemampuan dan motivasi belajar. Penilaian hasil belajar didasarkan pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil evaluasi membawa dampak pada motivasi belajar. Peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM berjumlah 9 orang memiliki motivasi belajar kategori tinggi dan sangat tinggi dengan persentase 53%. Sedangkan peserta didik yang memperoleh hasil belajar di bawah KKM sebanyak 6 orang memiliki motivasi belajar kategori sedang dengan persentase 47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi hasil belajar berdampak juga terhadap motivasi peserta didik. Oleh sebab itu, sebagai guru penting untuk dapat memperbaiki kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang maksimal.

References

Asrul dkk. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Dewi, Y. A. P. (2019). Hubungan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71–78. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Fauzurrohim, M. H. (2023). Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di SD Negeri Sumbersari 3. Proceedings Series of Educational Studies. http://dx.doi.org/10.17977/um083.7881%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/viewFile/7881/2327

Ina Magdalena, Gilang Ramadhan, Hasanah Dwi Wahyuni, & Nabilah Dwi Safitri. (2023). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 167–176. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.220

Iskandar, N. M. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif : Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi. 3, 2270–2287.

Mahdalena, I., Hidayati, N., & Dewi, R. H. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam proses Pembelajaran dan Akibat memanipulasinya. 3(September 2023), 810–823.

Nur’Aliimu Bagus;, & Ali, M. T. (2023). Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 133–139.

Nurhasanah, Remiswal, & Sabri, A. (2023). Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. 7, 28204–28220.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Rohyani, Herpratiwi, & Djasmi, S. (n.d.). Evaluasi Program Pembelajaran Tematik pada Sekolah Dasar. 1.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Syaparuddin, Meldianus, & Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles