Application of Quizizz Media in Class X Learning of Hikayat Texts

Authors

  • hermawan ardi ardi Universitas PGRI Semarang
  • asrofah asrofah asrofah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3518

Keywords:

Pembelajaran, Teks Hikayat, Media Quizizz, Bahasa Indonesia, Penerapan Media

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media kuis dalam pembelajaran teks hikayat untuk siswa kelas 10 SMAN 11 Semarang. Dalam artikel inienyajikan sebuah pendekatan inovatif yang memadukan teknologi dengan material kurikulum yang tradisional. Dalam konteks ini, artikel ini membahas bagaimana integrasi Quizizz dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta memajukan keterampilan kritis mereka. Dengan fokus pada interaktivitas, umpan balik instan, dan keterukuran kemajuan individu, pendekatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menarik, tetapi juga memungkinkan guru untuk mengoptimalkan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Permasalahan utama adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi teks hikayat. Metode penelitian melibatkan implementasi kuisz sebagai alat bantu interaktif dalam pembelajaran, dengan fokus pada kuis online yang mendukung pemahaman teks hikayat. Hasil temuan menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap teks hikayat melalui penggunaan kuis

 

K ata K unci : Pembelajaran, Teks Hikayat, Media Quizizz, Bahasa Indonesia, Media Penerapan

Author Biographies

hermawan ardi ardi, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PPG Bahasa Indonesia

asrofah asrofah asrofah, Universitas PGRI Semarang

Apakah Bahasa Indonesia

References

Aini, Yulia. Isratul.2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaranjenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).Arsyad, A

Berliannisa, F. (2023). Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 50–55.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Pada 3 Maret 2024

Hanifah, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

M.Ahmar dkk. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Bebantuan Media Pakapati untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal Dikdatika Pendidikan Dasar. Vol. 7, No. 3, November 2023

Mahdalena dkk. 2024. “Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa/i Baru Berbasis Web”. Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 5 No. 1, 2024

Mahmud, Marzuki.2012.Manajemen Mutu Perguruan Tinggi.Jakarta:Raja GrafindoPersada

Martani, Kristiana. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung”. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik Universitas PGRI Semarang. Vol. 6 No. 1

Maulana,Irvan.2019.”Analisis Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Pendekatan Kognitif”.Jurnal Lughawiyah , Vol 2 No 1.

Muliya, Muliya. 2022. “Penerapan Media Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajarsiswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2”. Enggang. Volume 3, Nomor 1,Desember2022

Nuraridha dkk. 2024. “Strategi Pembelajaran Bimbel Terhadap Siswa Yang Belum Fasih Membaca Di MIS Nurul Hikmah Desa Basarang Kalimantan Tengah”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 5 No. 1, 2024

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap MOT. JurnalMahasiswa UNESA, 7(3), 1–8

Rosita, F. Y., & Achsani, F. (2019). Kemampuan Menceritakan Video Hikayat Abu Nawas Siswa Kelas X Ipa 1 Man 1 Surakarta Melalui Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 103–108

Suci, E. R. M., Japar, M., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kusa Apati Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(1), 8-15. http://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.18211

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles