Analisis Implementasi P5 Dimensi Berakhlak Mulia Pada Siswa Kelas II SDN Pedurungan Lor 02

Authors

  • Tri Hesti Puspita Sari Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Monica Ratih Purwaningrum SDN Pedurungan Lor 02

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3510

Abstract

Implementasi Profil Pelajar Pancasila menjadi penting untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus bangsa yang bertaqwa, handal, profesional, dan berbudi pekerti tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi berakhlak mulia peserta didik kelas II di SDN Pedurungan Lor 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diamati. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SDN Pedurungan Lor 02 Kota Semarang. Penelitian ini melibatkan guru dan peserta didik kelas II melalui teknik observasi lapangan, wawancara langsung sebagai sumber data, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi P5 dimensi berakhlak mulia di kelas II SDN Pedurungan Lor 02 sudah berjalan dengan baik. Kegiatan yang dilakukan seperti menghafal surah pendek, melaksanakan shalat dhuha, dan shalat dzuhur berjamaah, menjalankan praktik 5S, mempraktikan perilaku ramah lingkungan, melakukan pembelajaran dengan diskusi, melaksanakan upacara dan apel pagi. Namun pelaksanaannya belum optimal karena masih ditemukan kurangnya kesadaran diri dalam diri peserta didik kelas II yang memerlukan motivasi tambahan dan kurangnya kerja sama seluruh orang tua dalam melaksanakan kegiatan tersebut di rumah.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; Berakhlak Mulia.

References

Darmadi, A. E. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di SD. National Conference for Ummah, 328-331.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia . Jurnal Pendidikan Tambusai, 1267-1273.

Hamriani, & Sudirman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penguatan Profil Pancasila di SDN 213 Lagoci. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 108-118.

Inayah, S. F., & Wiyani, N. A. (2022). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini. ASGHA: Journal of Children Studies, 12-25.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa . Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1224-1238.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 59-68.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 113-118.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 687-706.

Maduwu, E. S. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 2 TKJ SMK NEGERI 1 TOMA. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 12-27.

Rohmah, N. N., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 1254-1269.

Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air melalui Lomba Kemerdekaan pada Siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 46-55.

Suardi. (2023). Penguatan Karakter Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia melalui Kegiatan HIMA Prodi PPKn. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 117-130.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar).

Tirsa, A., & Mastiah. (2023). DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM CERITA RAKYAT "TUPAI DAN DELAK". Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 203-208.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 116-132.

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles