Analisis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pelajaran Matematika Kelas IV UPTD SD Negeri 30 Parepare

Authors

  • Sukma Sukma Universitas Negeri Makassar
  • Natriani Syam Universitas Negeri Makassar
  • Lukman Lukman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3463

Abstract

Abstract. This research aims to determine remedial and enrichment learning in class IV mathematics at UPTD SD Negeri 30 Parepare. Using a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. The subjects in this research were 12 people consisting of 1 teacher and 11 students. The data collection techniques used were interviews and documentation with remedial and enrichment indicators. The data analysis techniques used are condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research in remedial and enrichment learning activities teachers have identified student problems and student strengths, prepared learning activity plans, carried out learning activities and carried out authentic assessments, however, there are still students who have not reached the standard of completion. The conclusion of this research is that the teacher has carried out all stages of the remedial learning process, where the teacher only focuses on material that is not mastered by the students. From all the learning stages that have been carried out, the students' scores have increased. The teacher has implemented all stages of the enrichment learning process, where the teacher focuses on students' strengths in mastering the material. From all the learning stages that have been carried out, the results show that students' knowledge and grades in mastering the material have increased.

Keywords: Remedial; Reinforcement; Mathematics.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran remedial dan pengayaan pada mata pelajaran matematika kelas IV di UPTD SD Negeri 30 Parepare. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari 1 guru dan 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dengan indikator remedial dan pengayaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada kegiatan pembelajaran remedial dan pengayaan guru telah melakukan identifikasi permasalahan peserta didik dan kelebihan peserta didik, menyusun rencana kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan melakukan penilaian otentik tetapi, masih ada peserta didik yang belum mencapai standar ketuntasan. Kesimpulan pada dari penelitian ini yaitu guru telah melaksanakan semua tahapan proses pembelajaran remedial, dimana guru hanya fokus pada materi yang tidak dikuasai peserta didik. Dari semua tahapan pembelajaran yang telah dilaksanakan diperoleh hasil nilai peserta didik mengalami peningkatan dimana guru memfokuskan pada kelebihan peserta didik dalam penguasaan materi. Dari semua tahapan pembelajaran yang telah dilaksanakan diperoleh hasil pengetahuan dan nilai peserta didik dalam penguasaan materi mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Remedial; Pengayaan; Matematika

References

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenamadia Group.

Diani, E. R., Fikriansyah, Najib, N. A., & Wahyuningsih, P. (2016). Konsep Remedial dan Pengayaan Sebagau Upaya Tindak Lanjut Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Mastery Learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(4), 37–48.

Izzati, N. (2015). Pengaruh Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Eduma, 4(1), 55–67.

Kebudayaan, K. P. (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar. Kemendikbud.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur : Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1–13.

Lestari, A. D., Masruroh, & Windarti, A. (2022). Pengaruh Remedial dan Pengayaan dalam Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SMK Al Muhtadin Depok. Jurnal Normalita, 1(2), 120–130.

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Jurnal Foundasia, 1(2), 15–21.

Monika, K. L., Mahendra, S., & Suranata, K. (2018). Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan Untuk Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 75–82.

Putri, K. E., Gustina, M., & Hidayat, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan di SMAN 1 Kerinci. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 2(1), 1–7.

Sahid, R. (2016). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. Pasca UMS.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumatri, M. S. (2013). Strategi Pembelajaran. Rajawalu Pers.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Syam, N., Nurjannah, & Maryam, M. (2017). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(1), 1–7.

Tholiah, W., & Sahlan, M. (2022). Efektivitas Program Remedial dan Pengayaan dalam Penilaian Pendidikan Agama Islam. dan Agama. Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), 40–50.

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles