PENTINGNYA MEMAHAMI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR UNTUK MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3357Abstract
Artikel ini dibuat dengan tujuan memberi pengetahuan kepada para pembaca tentang pentingnya memahami pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sekolah dasar untuk memaksimalkan pembelajaran, yaitu dengan memahami pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dari fakto-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar yaitu dengan meratanya pemahaman peserta didik yang beragam karakteristiknya. Dengan lancarnya pembelajaran maka tujuan dari pembelajaran tersebut akan mudah tercapai dan menguntungkan guru serta peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka, dengan melihat berbagai sumber atau referensi seperti buku dan beberapa jurnal lain yang menyangkut tentang materi yang sama dengan jurnal yang saya buat. Hasil dan pembahasan menjelaskan bahwa memahami perkembangan peserta didik dapat membantu guru memilih lingkungan belajar terbaik dan mengenal kepribadian peserta didiknya dengan lebih baik. Pentingnya dalam memahami pertumbuhan dan perkembangan peserta didik: bagi pendidik, memberikan gambaran umum tentang bagaimana manusia atau individu bertumbuh dan berkembang. Dengan demikian, dengan adanya pemahaman guru tentang pertumbuhan dan perkembanga peserta didik dapat memberikan gambaran bagaimana prosedur pembelajaran yang cocok untuk memaksimalkan pembelajaran dan menumbuhkan perasaan nyaman untuk belajar di sekolah.
References
Azizah, Nadia Nur and Richval, Aan Asef (2018) Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Psikologi Perkembangan. Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Psikologi Perkembangan. Halaman 1-13.
Depdiknas. 2003. U U Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.
Hanafy, Muh.Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79.
Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.
Honggowiyono, Puger. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik untuk Guru dan Calon Guru. Penerbit Gunung Samudra.
Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hal 41.
Mustikaati, W., Sari, S., Ramanda, N., & Agustia, Y. 2023. Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter: Vol. 6 No. 2 July 2023, Hal 125-130.
Safitri A, Rusmiati M, Fauziyyah, Prihartini. 2022. Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6Nomor 2Tahun 2022 Halaman 9333-9339.
Samio. 2018. Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Journal of Biology Education, Science & Technology. Vol. 1 No. 02 Hal. 36 – 43.
Soemanto, W. 1990. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudirjo, E., Alif, M, N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gearak Manusia. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan), (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1990) hal 41.
Zulfira, Neviyarni, Irdamurni. 2021. Karakteristik Peserta didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1 Halaman 1846-1851.