PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI KELAS 27 MAHASISWA PGSD FIP UNM
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.318Keywords:
Pembelajaran aktif, Konsep Dasar IPAAbstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) mengdeskripsikan pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. fokus masalah adalah apakah pendekatan pembelajaran aktif cocok untuk diterapkan pada mata kuliah konsep dasar IPA 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis peneltitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif murni. Dari hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 di kelas 27 di Prodi PGSD Â FIP UNM berada pada kategori baik.References
Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015. Hal 34-46.
Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Ja karta: Bumi Aksara
Hasbullah. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Studio.
Nurdyansyah, Fitriyani, Toyiba.2018.Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Hal. 1
Perundangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
Poerwati, Loeloek Endah dan Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Shoimin, Aris. 2014. 68 model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Andi Offset
Yusuf, Syamsu. dkk. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada