PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeCourseReviewHoray(CRH)UntukMeningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V UPTD SDNegeri77 BarruKabupatenBarru.

Authors

  • Aco Putra

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3138

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPTD SDNegeri 77 Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif danjenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Teknikpengumpulandatayangdigunakanyakniobservasi,tes,dandokumentasi.Subjekpenelitianiniyaknigurudansiswakelas V berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8siswa perempuan. Hasilpenelitian ini adalah terjadi peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasilobservasiguruberadapadakategoribaik(B)danhasilobservasisiswaberadapadakategoricukup (C). Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B) dan hasilobservasi siswa berada pada kategori cukup (C). Sedangkan pada siklus III hasil observasiguru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori baik(B). Adapun peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, hasil tes belajar siswamenunjukkan ketuntasan 56,25% kategori Cukup (C). Pada siklus II, hasil tes belajar siswamenunjukkanketuntasan68,75%kategoricukup(C).SedangkanpadasiklusIIIhasilbelajarsiswa menunjukkan ketuntasan 87,5% kategori baik. Simpulan pada penelitian ini bahwadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeCourseReviewHoray(CRH)dapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarmembacapemahamannarasisiswakelasVUPTDSDNegeri 77 Barru Kabupaten Barru. KataKunci:ModelPembelajaranKooperatifTipeCourseReviewHoray,HasilBelajar

References

Amalia,V.,Tuken,R.&Halik,A.2021.Penerapan Model Pembelajaran CourseReviewHorayuntukMeningkatkanHasilBelajar SiswaSekolah Dasar diKabupaten Soppeng. Pinisi Journal ofEducation,1(1): 43–59.

Budiyanto, M.A.K. 2016. Sintak 45 ModelPembelajarandalamStudentCenterdLearning(SCL).Malang:UMMPress.

Damayanti, R. Saleh, M. & Usman. 2021.Interfernsi Morfologi Bahasa IndonesiaDalamMenulisTeksNarasiBahasaBugis. PANRITA:JurnalBahasadanSastra Daerah serta Pembelajarannya,2(1):57-63.

Fatmawati,Hasan,K.&Nurjannah2021.Penerapan Model Pembelajaran CourseReviewHorayuntukMeningkatkanKeaktifan dan Hasil Belajar MatematikaKelasEmpatdikabupatenSidrap.JurnalTeoridanAplikasiMatematika,1(2):107–121.

Halik, A. 2012. Penerapan Model DirectedInquiryActivity(Dia)DalamMeningkatkanKemampuanMembacaPemahaman Siswa Kelas V SDN 228Labili-BiliPinrang.JurnalPublikasiPendidikan,11 (1):26-35.

Jamal, I. A, Hakim, A & Israwaty. I. 2022.Penerapan Model Pembelajaran CourseReviewHorayMeningkatkanHasilBelajarSiswadiKabupatenBarru.2(4):68-74.

Lubis,R.F.(2019).KemampuanGuruMenarik Perhatian Siswa dalam ProsesPembelajaran.JurnalPenelitianDanKajian Sosial, 1(1), 152–175.

Octavia,S.A.2022.Model-ModelPembelajaran. Yogyakarta: DeepublishPublisher.

p-ISSN:2620-5246dane-ISSN:2620-6307

PermendiknasNo22Tahun2006dalamDepdiknas.

Pratiwi,N.K.2015.PengaruhTingkatPendidikan, Perhatian Orang Tua, danMinat Belajar Siswa Terhadap PrestasiBelajar Bahasa Indonesia Siswa. JurnalPujangga,1(2):75-105.

Undang-UndangRepublikIndonesiaNomor

Tahun 2003 Tentang SistemPendidikanNasional.

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles